TENTANG KAMI

History of Company

Usaha yang di jalani dengan sabar, tekun dan sepenuh hati, Maka Insya Allah akan menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit, bahkan keuntungan itupun bisa berimbas terhadap peningkatan taraf kehidupan orang yang ada di sekitarnya. Hal itu dibuktikan dan dirasakan langsung oleh salah seorang ibu rumah tangga yang tangguh, Hj. Enong Nurjanah, yang kini menjadi pemilik sekaligus direktur perusahaan distributor snack PT. Ratu Barokah Wajihan yang beralamat di Jl. Veteran, Gg. SMP2 RT 04/07 Kel. Ciseureuh, Purwakarta, Jawa Barat. PT Ratu Barokah Wajihan didirikan pada 15 Agustus 1996 di Purwakarta dengan nama CV Ratu Barokah. Seiring dengan makin eksisnya perusahaan, pada 5 Februari 2015 namanya diubah menjadi nama yang sekarang, yaitu PT Ratu Barokah Wajihan.





Hj. Nurjanah memulai usaha dengan keliling kampung menjajakan keripik bawang tradisional buatannya sendiri ke sejumlah warung. Dengan modal tepung terigu 1 kilogram dan sejumlah bumbu tradisional, wanita sholehah ini meraciknya menjadi keripik bawang dan mengemasnya dengan bungkus berukuran kecil. “Satu bungkus keripik dijual per kemasan kecil Rp 20,- dan satu pack plastik isi 40 bungkus dijual Rp 800,- ke warung-warung di kampung,” Kenangnya. Keripik bawang hasil kreasinya, kata ibu lima anak ini, dibuat berdasarkan resep sendiri. Bahannya sederhana saja, tepung terigu, bawang, mentega, telur, garam, minyak goreng, Kemudian komposisi rasa dan bentuknya terus disempurnakan. Karena itu rasanya enak, gurih, tak heran digemari, sehingga permintaan keripik buatannya pun terus meningkat. Seiring berjalannya waktu, Hj. E. Nurjanah tak sekedar menjajakan ke warung-warung di kampungnya, pengusaha ulet ini pun mulai merambah toko-toko dan pasar di wilayah Purwakarta. Seiring permintaan keripik produknya naik, wanita yang memiliki hobi membaca ini pun harus menamai produknya dengan merek dagang sendiri, yaitu “Ratu Barokah” yang berarti perempuan membawa berkah untuk keluarganya. Makanan Ringan (Snack) Ratu Barokah makin laris. Hj. E. Nurjanah terinspirasi untuk tak hanya memproduksi kripik bawang saja, aneka kripik lainnya pun dibuatnya, misalnya saja kue stick, kue molen, batagor dan lainnya. Ketertarikannya untuk masuk ke toko modern mulai menggelitiknya. Sehingga pada tahun 2007, dirinya mengajukan kerjasama ke gerai Alfamart dan bersyukur direspon positif, meski harus menunggu beberapa bulan. Sebelum kerjasama dimulai, Ratu Barokah mendapatkan bimbingan awal dari manajemen Alfamart, berupa perbaikan kemasan produk yang menairk, baik dan higienis. Seiring waktu berjalan, permintaan untuk memasok ke Alfamart pun bertambah. Sistem pembayaran yang tepat, serta kejelasan pemasaran produknya di gerai Alfamart, membuat roda usaha Nurjanah makin meningkat. “Sejak tahun 2011 kami tidak lagi memproduksi. Kami hanya mengemas saja, atau hanya packing saja, sementara produk kami peroleh dari para supplier langganan kami,” ujar Hj. E. Nurjanah yang kini sudah memiliki 100 karyawan. Keyakinannya untuk maju disertai keuletan, ketekunan dan disiplin tinggi, kini snack Ratu Barokah Wajihan bisa diperoleh di Alfamart dan Alfamidi seluruh Indonesia. Selain itu Kami hadir juga di Modern Market lainnya seperti Naga swalayan, Tiptop Swalayan, Lotte Shopping Indonesia, Diskon Supermarket. Juga dapat ditemui di toko-toko, Mini market, Kopkar, Ubemart di sekitar wilayah Jawa Barat,

Company's Values and Cultures

Nilai dan budaya kerja di lingkungan PT Ratu Barokah Wajihan

Vission And Mission

Visi Dan Misi Perusahaan

Visi dan Misi Perusahaan memegang peranan penting dalam arah kebijakan perusahaan dengan apa yang hendak dicapai dan mensinergikan dengan usaha-usaha yang mendorong untuk tercapai tujuan tersebut.

Visi

Menjadi Pelopor Perusahaan Makanan Terkemuka Yang Berkualitas Dengan Cita Rasa Tinggi Baik Ditingkat Nasional Maupun Internasional

Misi

Menyediakan Produk – Produk Snack Dengan Cita Rasa Tinggi,Inovatif, Harga Terjangkau Dan Memastikan Ketersediannya Bagi Pelanggan